3.28.2011

7 Tips Mengenai Hal-hal Penting yang HARUS DIUKUR oleh Pemilik Bisnis


Sudah menjadi fakta bahwa sulit bagi kita mengetahui apakah bisnis kita hari ini lebih baik dibandingkan hari kemarin, tanpa adanya ukuran kinerja. Terutama bagi usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi, dimana waktu terasa sangat cepat oleh kesibukan, di mana seringkali pekerjaan masih banyak yang belum terselesaikan, namun keterbatasan waktu, tenaga, pikiran dan dana juga terus menghantui kita. Maka, sudah waktunya untuk bertindak lebih efektif, lebih efisien dan pilihlah ukuran kinerja bisnis yang paling tepat agar kita dapat mengetahui sejauh mana kemajuan (improvement) sudah kita lakukan. Karena, kita tidak dapat me-manage dan memperbaiki apa yang tidak dapat kita ukur, bukan?

Seorang pengusaha yang sudah sukses mengatakan bahwa memang pada awalnya ia tidak mengenal ukuran kinerja atau KPI (Key Performance Indicator). Semua keputusan diambil berdasarkan feeling atau intuisi pribadi. Tapi, dia pun mengakui bahwa semakin bisnisnya berkembang, semakin sulit baginya hanya mengandalkan pada intuisi semata. Karena, untuk mengetahui hal-hal apa yang diinginkan pelanggan, berapa banyak pelanggan yang aktif, jenis barang apa yang paling laku, berapa jumlah bahan baku yang harus dibeli, berapa karyawan baru yang harus direkrut hingga bagaimana menangani masalah vendor, partner kerja dan kompetitor ternyata membutuhkan data dan tentunya sistem pengukuran kinerja. Mustahil bisa menangani semuanya itu hanya dengan mengandalkan intuisi saja! Hanya dengan menerapkan sistem pengukuran kinerjalah maka waktu, tenaga, pikiran dan dana dapat kita fokuskan pada hal-hal yang tepat. Dan ukuran kinerja juga dapat memberikan feedback pada kita untuk mengetahui hasil yang kita peroleh dari bisnis, sehingga kita dapat lebih percaya diri apabila ada kemajuan dan dapat pula segera melakukan tindakan koreksi apabila hasilnya belum sesuai harapan.

Untuk bisa mengetahui ukuran kinerja apa yang penting, Anda harus mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini. Anda boleh pilih jawaban-jawaban yang paling tepat mencerminkan bisnis Anda dan tuliskan pada selembar kertas.

Apa manfaat dari bisnis tersebut bagi diri Anda sendiri?
  • Waktu bekerja lebih sedikit, waktu untuk keluarga lebih banyak
  • Mendapat penghasilan lebih banyak (daripada sebelumnya)
  • Melakukan hal-hal lain yang bermanfaat bagi keluarga dan orang lain

Apa manfaat dari bisnis tersebut bagi para pelanggan?
  • Menghemat waktu pelanggan
  • Menghemat biaya atau membantu pelanggan mendapatkan penghasilan lebih banyak
  • Menghemat tenaga, menghilangkan kekhawatiran pelanggan
  • Menjadikan kehidupan pelanggan lebih aman, lebih sehat dan lebih terjamin
  • Meningkatkan pengetahuan dan keahlian atau kapabilitas pelanggan
  • Memberi pelanggan lebih banyak peluang

Bagaimana bisnis tersebut bisa mendatangkan pelanggan baru?
  • Menemukan prospek yang tepat, prospek yang ingin Anda layani
  • Prospek dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda
  • Membangun hubungan sehingga di-KENAL,di-SUKAi, dan di-PERCAYA
  • Mendapatkan cukup banyak prospek untuk menjadi pelanggan baik sekarang maupun di masa depan
  • Mengubah prospek menjadi pelanggan secara mudah dan cepat

Bagaimana menjadikan pelanggan yang ada menjadi pelanggan tetap?
  • Berapa erat hubungan Anda dengan pelanggan
  • Berapa sering pelanggan Anda datang kembali dan belanja lebih banyak
  • Berapa banyak pelanggan anda belanja secara rata-rata
  • Apa pendapat pelanggan Anda mengenai kualitas produk / layanan Anda
  • Berapa lama pelanggan Anda tetap bertahan membeli produk / layanan dari Anda

Apakah Anda sudah memanfaatkan waktu secara efektif?
  • Seimbangkan waktu Anda untuk berbagai aktivitas seperti pemasaran, penjualan, administrasi, produksi, after-sales service hingga pengembangan diri Anda sendiri
  • Banyaknya waktu yang Anda investasikan dalam bisnis yang harus dihitung reward-nya
  • Berapa cepat waktu yang digunakan untuk mengubah ide menjadi action dan mengubah action menjadi hasil

Apakah kita sudah memanfaatkan dana investasi secara efektif?
  • Ciptakan daya tarik bagi segmen pelanggan yang memberi keuntungan paling banyak terhadap bisnis Anda
  • Ciptakan produk atau layanan yang memberi manfaat paling besar bagi pelanggan
  • Berapa cepat waktu yang Anda butuhkan untuk menerima pembayaran sejak Anda keluarkan uang untuk investasi

Apakah pondasi bisnis kita sudah cukup kuat untuk melangkah ke masa depan?
  • Terus tingkatkan skill bisnis dan pengetahuan
  • Ciptakan produk baru, layanan baru yang sesuai kebutuhan pelanggan
  • Ciptakan pasar dan peluang baru

Tingkatkan kapasitas dan kemampuan anggota tim kerjaDengan memahami 7 hal di atas, Anda dapat mengetahui indikator kinerja apa saja yang penting diukur. Dan, walaupun hasilnya mungkin belum terlihat dalam waktu dekat, namun apa yang anda lakukan tersebut ibarat menanam sebutir benih yang akan mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih sehat dan berkesinambungan dalam jangka panjang.


file from : http://www.scorecardcrazy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar